Kulit Cantik dengan Minyak Esensial

Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit, minyak alami bisa dijadikan pilihan utama, karena kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam essential oil akan menjadi sumber nutrisi bagi kulit.

Sebelum kita membahas minyak alami yang terbaik untuk kulit, terlebih dahulu kita ketahui asal-usul produk ampuh ini. Essensial oils atau minyajk esensial atau minyak murni diperoleh dari proses penyulingan tanaman yang diekstraksi. Proses pembuatan essential oils ini ada dua, satu dengan penyulingan, dan satu lagi dengan cold press.
Ada banyak bahan tumbuhan yang bisa digunakan sebagai bahan essential oil yang punya efek baik bagi kulit, khususnya untuk masalah penuaan dini pada kulit wajah, ampuh menjadikan kulit tampak kencang dan awet muda berkat kandungan antioksidan yang membantu melawan berbagai efek buruk radikal bebas pada wajah.

Cara menggunakan essential oils pun banyak caranya. Ada yang bisa digunakan langsung pada kulit, dicampur ke air minum, dan digunakan sebagai air diffuser untuk aroma therapy.
Tapi untuk beberapa jenis, misalnya peppermint, disarankan untuk di encerkan dengan menggunakan Extra VCO supaya tidak terasa terlalu panas di kulit.

Penggunaan essential oils untuk kesehatan, contohnya :
Peppermint digunakan untuk mengurangi rasa mual, flu, pusing dan maag.
Lavender digunakan untuk memberikan rasa relaks dan meningkatkan kualitas tidur.

Penggunaan essential oils untuk kulit, cara penggunaanya dicampurkan dengan pelembap yang akan kita gunakan, sebaiknya menggunakan pelembab yang juga dari bahan alami, seperti Extra VCO yang juga merupakan minyak murni.

Beberapa essential oils yang bisa digunakan langsung atau dicampur dengan pelembap wajah :
  1. Purification Essential Oil dari Young Living, bisa langsung diaplikasikan pada kulit. Fungsinya untuk area kulit yang terkana gigitan serangga, dan luka kecil, dan bisa digunakan sebagai spot treatment, dan ampuh membuat jerawat cepat kempes.
  2. Carrot Seed Oil dari Young Living, biasanya digunakan untuk permasalahan pencernaan. penggunaan pada kulit berfungsi untuk melembabkan dan juga memberikan kesan kulit yang cerah. Cara penggunaan dicampurkan dengan Extra VCO.
  3. Rose Oil dari Young Living, atau Rosemary Essential Oil untuk melembapkan kulit yang kering dan bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini pada wajah. Penggunaannya bisa langsung diaplikasikan pada kulit, atau dicampur kedalam produk pelembap alami (Extra VCO). Rose oil adalah essential oil paling mahal dari yang lain. Karena untuk membuat satu tetes rose oil membutuhkan ribuan bunga mawar.
  4. Sandalwood Essential Oil (Minyak Cendana) dari Young Living, khasiat membantu menciptakan perasaan relaksasi dan ketenangan (rasa tidak cemas), namun tidak membuat mengantuk seperti lavender, membantu meningkatkan daya ingat, membangkitkan energi, Sebagai Astringent (larutan yang berfungsi mengecilkan proi-pori dan menghambat produksi minyak secara berlebih pada kulit) untuk membantu menenangkan, mengencangkan, dan membersihkan kulit, untuk mengurangi peradangan dari iritasi kulit ringan seperti luka dangkal, gigitan serangga, kutil, bisul, setelah bercukur, pencabutan bulu dan pembersihan komedo. Diaplikasikan ke kulit untuk penurunan tekanan darah sistolik.
    Cara penggunaan dicampur dengan carrier oil (dan carrier oil terbaik adalah Extra VCO) dan pastikan untuk selalu menguji minyak pada area kecil sebelum menerapkannya langsung ke kulit.
  5. Patchouli Essential Oil atau minyak nilam. Kandungan essential oil dari tanaman nilam didapat dari proses distilasi bagian daun yang dikeringkan dan difermentasi. Kandungan aktif dari patchouli mampu menyembuhkan kulit yang luka. Tak hanya itu, patchouli juga dikenal sebagai anti-inflamasi, toning, antiseptik dan menstimulasi regenerasi sel kulit. Sehingga berbagai kerusakan pada wajah seperti garis halus, kerutan hingga noda di wajah akan berkurang, karena proses perbaikan sel kulit bekerja lebih optimal. Patchouli essential oil cocok untuk semua jenis kulit, baik kering, berminyak hingga acne-prone. Cara penggunaan pada kulit dengan mencampurkan beberapa tetes dengan carrier oil seperti Extra VCO.
  6. Clary Sage Essential Oil, merupakan tanaman yang memiliki  banyak manfaat baik, khususnya bagi wanita. Tumbuhan ini memiliki kemampuan menyeimbangkan hormon dan meredakan kram saat siklus menstruasi berat. Di samping itu, untuk perawatan tubuh, clary sage dianggap sebagai essential oil paling menyehatkan karena memiliki sifat anti depresan, anti infeksi, anti bakteri, antiseptik, dan anti-inflamasi. Minyak ini juga memiliki tonik saraf yang akan memberi efek menenangkan pada tubuh. Tumbuhan yang berasal dari Afrika Utara dan Asia Tengah ini memiliki ester penting yang disebut linalyl acetate, untuk mengurangi peradangan kulit serta mengatur produksi minyak pada kulit. Cara penggunaan pada kulit dengan mencampurkan beberapa tetes calry sage dengan carrier oil seperti Extra VCO.
  7. Geranium Essential Oil, Geranium adalah jenis bunga yang memiliki warna ungu, biru, pink, atau putih, berbentuk kecil dan biasanya tumbuh bergerombol. Bunga ini tumbuh di afrika selatan dan merupakan satu dari sekelompok (sekitar 300 spesies) tumbuhan abadi. Geranium essential oil memiliki sifat sebagai astringent, mampu meminimalkan keriput dengan mengencangkan kulit wajah dan memperlambat efek penuaan dini, efektif memperbaiki sel kulit yang rusak dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Cara penggunaan pada kulit dengan mencampurkan beberapa tetes dengan carrier oil seperti Extra VCO.

jual essential oil di Banda Aceh
Essential Oils

Postingan populer dari blog ini

Obat HIV AIDS dengan Extra VCO

Harga Extra VCO di Medan

Cara Bersihkan Wajah dengan Bahan Alami Minyak Kelapa Murni