Cara Merawat Rambut Rontok

Ketika masih beberapa helai rambut rontok, itu adalah hal yang normal terjadi, namun ketika jumlah helai rambut yang rontok semakin banyak setiap harinya, maka itu adalah pertanda bagi Anda untuk lebih memperhatikan kesehatan rambut. Rambut rontok menandakan kondisi rambut tidak dalam keadaan sehat.
Banyak nya jumlah rambut yang rontok menandakan kondisi akar rambut yang lemah dan rapuh, kerontokan rambut dapat terjadi karena berbagai hal, diantaranya disebabkan ketombe, kurang gizi, faktor keturunan, perubahan hormon serta penggunaan produk berbahan kimia pada rambut.

Berikut ini beberapa hal untuk mengatasi rambut rontok, memperkuat akar rambut serta mendorong tumbuhnya rambut baru :
  1. Rutin Melakukan Perawatan VCO Treatment. Luangkan waktu untuk melakukan perawatan dengan menggunakan VCO atau minyak kelapa murni. Perawatan menggunakan VCO ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut. VCO adalah minyak alami yang akan menutrisi rambut dan mengembalikan kelembapan rambut, untuk cara penggunaan VCO pada rambut silahkan baca Cara mengaplikasikan VCO pada rambut.
  2. Selalu Lindungi Rambut Dari Panas. Sering berada di bawah terik panas matahari tanpa penutup kepala dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, sinar UVA dari matahari dapat merusak kutikula yang merupakan bagian terluar rambut. Dalam kondisi seperti ini rambut mudah terkontaminasi radikal bebas yang mempercepat terjadinya penuaan rambut, seperti kerontokan hingga beruban.
  3. Biarkan Rambut Terurai. Mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat akar rambut menjadi lemah, dan kalaupum harus mengikat rambut, maka sebaiknya memilih penjepit rambut, dan bukan karet rambut.
  4. Hindari Penggunaan Hair Tool Bersuhu Panas. Pemakaian alat catok dengan suhu panas dapat merusak kutikula dan lapisan keratin yang terdapat pada kulit kepala sehingga lemak alami rambut terkikis. Akibatnya, kulit kepala menjadi semakin kering dan rambut cenderung mudah rontok.
  5. Hindari Penggunaan Produk Berbahan Kimia. Pewarnaan rambut yang menggunakan bahan kimia menjadi satu diantara faktor penyebab kerontokan, penggunaan produk berbahan kimia dapat merusak kutikula dan lapisan keratin yang terdapat pada kulit kepala sehingga lemak alami rambut terkikis. Akibatnya, kulit kepala menjadi semakin kering dan rambut cenderung mudah rontok
  6. Rajin Mekonsumsi Vitamin. 
  7. Tinggalkan Rokok dan Rutin Berolahraga. Kebiasaan Merokok dapat mengurangi aliran darah ke kepala yang juga menyebabkan penurunan pertumbuhan rambut, dengan rutin berolah raga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik. Sirkulasi darah yang baik akan menjamin pertumbuhan rambut yang lebih cepat.
Kalau rambut sering rontok dan lama tumbuhnya, mungkin gaya hidup tidak sehat adalah satu diantara penyebabnya. Gaya hidup sehat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, rambut Anda juga merasakan manfaatnya.

Postingan populer dari blog ini

Obat HIV AIDS dengan Extra VCO

Harga Extra VCO di Medan

Cara Bersihkan Wajah dengan Bahan Alami Minyak Kelapa Murni